Wayang Cewek


SRIKANDI
Nama Srikandi dapat diartikan memliki rumbai atau jambul. Hal ini sering dipahami sebagai simbol feminin dari istri Arjuna. Di sisi lain, Srikandi justru menampakkan sisi yang sangat maskulin (seperti aku :) ), seperti menyukai hal-hal yang berkenan dengan keprajuritan, jago naik kuda, jago berenang (seperti aku) dan pintar mengatur strategi peperangan. Tidak heran jika Srikandi juga di kenal sebagai jago memanah hati.

Dalam salah satu lakon pewayangan, Srikandi di gambarkan menduduki senopati (panglima) untuk pasukan Pandawa dalam perang di Kurusethra melawan Kurawa. Bahkan Arjuna berhasil membunuh Bisma ( bosnya kurawa ) melalui bantuan Srikandi ( katanya sich .. ) Bisma yang berhadapan dengan Srikandi, hanya terdiam dan menjatuhkan senjatanya (lemas dan loyo). Saat itulah Arjuna melepaskan panahnya ke arah Bisma, dan Bisma pun gugur.
Konon, Bisma terdiam menatap Srikandi karena terpesona oleh kecantikannya dan kemolekan srikandi dan Ia mempercayai Srikandi adalah titisan Dewi Amba yang pernah ditolak Bisma, sewaktu perempuan itu mengajaknya menikah. Lalu Dewi Amba bersumpah akan menitis menjadi ksatria yang menyebabkan kematian Bisma di medan perang. kayaknya, kaum cowok harus mulai hati-hati kalau mau menolak perasaan perempuan, hehehe ...

KUNTHI
Perempuan inilah yang melahirkan Pandawa Lima, yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna dan Nakula dan Sadewa. Tidak heran jika kemudian dianggap teladan bagi sosok ibu yang anaknya berhasil jadi orang sukses. Namun disisi lain, Kunthi pun diceritakan pernah membuang anaknya sendiri , Karna, ke sungai. Anak tersebut adalah hasil hubungannya dengan Dewa Surya. Namun Kunthi khawatir dan takut masyarakat luas tidak bisa mengerti bagaimana ia bisa punya bayi dari Dewa Surya. Oleh karena itu, ia menghanyutkan bayi tersebut. Untungnya seorang kusir pedati menemukannya dan membesarkan Karna sampai ia menjadi Panglima Perang yang hebat yang berpihak pada Kurawa.
Lalu Kunthi menikah dengan Pandu. Dari perkawinan inilah kemudian lahir Pandawa lima. Dalam perang Bharatayudha melawan Kurawa, Pandawa berhadapan dengan Karna, panglima perang Kurawa. Saudara satu Ibu ini bertarung di medan perang dengan di saksikan oleh Kunthi, ibu mereka sendiri.
Kebayang dong rasa hati Kunthi ketika menyaksikan peperangan anaknya sendiri ..?

masih banyak lagi cerita wayang cewek, tapi belum sempat aku tulis.
nanti kalau aku sempat, aku akan tulis lagi ya ... semoga tidak bosan membaca blog ku ini :)

12 komentar:

Unknown mengatakan...

wah wah masih inget toh sama lakon pewayangan ...

salut ...

salam kenal aja deh ...

Unknown mengatakan...

Ini betul-betul kisah sejarah pewayangan atau cuma cerita saja , jeng ?

Menarik dan bagus .. lanjutkan yach :)

FATAMORGANA mengatakan...

saya salut ama jeng,... yang jadi Srikandi itu. Diajeng khan??

Unknown mengatakan...

Hallo .. srikandi, jangan Lupa membantu negara biar terkenal ya ...

Vote suara kamu untuk Pulau Komodo agar bisa menjadi salah satu 7 keajaiban Dunia di sini :

http://www.new7wonders.com/nature/en/

Unknown mengatakan...

masih dong...
met kenal juga

Unknown mengatakan...

pulau komodo terkenal di seluruh indonesia, pengen menjelajahi kesana.

Roy mengatakan...

Hati-hati lho, nanti digigit :).
Btw, kalo mau kontak kamu ke mana ya? Boleh minta alamat email gak?
Thanks, b4..

Unknown mengatakan...

@srikandi
prasaan justru cewek deh yang sering nolak cintanya cowok...padahal tuh cowok dah mati2an berkorban untuk meyakinkan perempuan tersebut kalo dia benar2 sayang

@kunti
demikianlah ceritanya...ada pula yang mengatakan kalo sebenarnya pandawa tuh pemberian langit, kunti dan pandu merupakan orang tua angkat pandawa

adin mengatakan...

aku sangat salut dengan perjalanan hidup kamu...
aku simpati sekali....
tapi kenapa kamu wanita yang manis bisa sampai terjun kedunia seperti yang kamu jalani ini?
jika aku bisa menjadi jodoh kamu, aku akan siap bimbing kamu kejalan yang bukan seperti sekarang ini....
maaf, aku hanya ingin kamu bisa melihat kamu bahagia lahir dan batin...
karena saat ini apa batin kamu bahagia?
sekali lagi aku berharap kamu bisa banting stir, dan bisa bahagia lahir dan batin...

Unknown mengatakan...

@roy masukin aja email mas ke 'kontak aku' nanti ada balasan otomatis dari email dan berisi no call aku.
@ didok tidak selalu, banyak kok cowok yg nolak cewek. Aku tau ... :)

@adin terima kasih atas perhatiannya. inilah nasib yang mungkin harus aku jalani. karena itu aku tetap berjuang untuk menjadi lebih baik

fino mengatakan...

salam kena..
saluuut buat km,,teruskan perjuanganmu sampai km mendapatkan kebahagiaan yg hakiki..
cintailah dan berkorbanlah untuk keluarga kamu ..
salam kenal..

fino

Unknown mengatakan...

met kenal juga.
makasih atas dukungan nya.
inilah perjuangan hidup demi keluarga, apa pun akan ku lakukan.

Posting Komentar

silahkan teman-teman memberi komentar, kritikan, dan saran !